9 Tips Menemukan Terapis Yang Tepat

350
9 Tips Menemukan Terapis yang Tepat
9 Tips Menemukan Terapis yang Tepat

Jika Anda mempertimbangkan terapi apakah itu untuk memulihkan hubungan, pulih dari trauma, menyesuaikan diri dengan fase kehidupan baru, atau meningkatkan kesehatan mental Anda menemukan terapis yang tepat adalah rintangan pertama yang harus dilalui.

Para peneliti telah menemukan bahwa ikatan antara Anda dan terapis Anda cenderung memiliki dampak besar pada pertumbuhan Anda. Itulah mengapa penting untuk melakukan riset, mengajukan pertanyaan, dan memperhatikan tanggapan Anda sendiri dalam mencari terapis yang tepat untuk Anda.

Berikut adalah beberapa metode yang terbukti benar untuk menemukan terapis untuk membantu Anda mencapai tujuan terapeutik Anda.

1. Konsultasikan dengan direktori penyedia Anda

Jika Anda berencana untuk membayar terapi melalui paket asuransi Anda, langkah pertama Anda mungkin adalah melihat melalui jaringan penyedia paket Anda.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk mengetahui apakah rencana Anda membatasi jumlah sesi yang dapat Anda hadiri setiap tahun dan apakah menggunakan terapis di luar jaringan akan memengaruhi biaya Anda sendiri.

2. Tanyakan pada seseorang yang kamu percaya

Referensi dari teman, kolega, atau dokter yang Anda percaya adalah cara lain untuk menemukan terapis yang mungkin cocok untuk Anda.

Meskipun rujukan adalah tempat yang baik untuk memulai, penting untuk mengenali bahwa Anda mungkin memiliki kebutuhan dan tujuan yang berbeda dengan terapi Anda daripada orang yang memberi Anda rekomendasi.

Jadi, pasangan yang cocok untuk salah satu dari Anda mungkin tidak bermanfaat bagi yang lain.

3. Gunakan database online yang andal

Sejumlah organisasi kesehatan mental memelihara basis data terapis berlisensi yang terbaru dan dapat dicari.

Pencarian Anda bisa dimulai dengan mengetikkan kode pos Anda untuk menghasilkan daftar konselor di daerah Anda. Anda mungkin juga dapat mencari spesialis, seperti konselor pernikahan dan keluarga atau terapis yang berfokus pada penggunaan narkoba dan alkohol.

Beberapa alat pencarian online yang paling umum digunakan meliputi:

  • Asosiasi Psikologi Amerika
  • Asosiasi Terapis Pernikahan dan Keluarga Amerika
  • Asosiasi Psikiater LGBTQ+

4. Jelajahi sumber daya lokal

Komunitas Anda mungkin juga memiliki sumber daya untuk membantu Anda. Jika Anda seorang siswa, sekolah Anda mungkin menyediakan akses ke pusat konseling.

Jika Anda bekerja, tim sumber daya manusia Anda mungkin menawarkan daftar terapis yang tersedia melalui program bantuan kesehatan atau karyawan di tempat kerja.

Jika Anda memerlukan konseling yang berkaitan dengan kekerasan dalam rumah tangga atau seksual, Anda mungkin dapat menemukan terapi kelompok atau individu melalui organisasi advokasi lokal.

Jika Anda ingin keyakinan Anda memberi tahu perawatan Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghubungi gereja, sinagoga, masjid, atau pusat ibadah lainnya untuk mendapatkan daftar terapis berlisensi yang berafiliasi dengan keyakinan Anda.

BACA JUGA: 10 Cara Lebih Banyak Bergerak Dalam Kehidupan Sehari-hari

5. Jangkau organisasi yang menangani bidang perhatian Anda

Jika Anda mencari terapis untuk membantu masalah kesehatan mental tertentu, Anda mungkin menemukan terapis lokal melalui asosiasi nasional, jaringan, atau saluran bantuan.

Berikut adalah beberapa contoh organisasi yang menawarkan alat pencarian untuk membantu Anda menemukan terapis khusus di dekat Anda:

  • Asosiasi Gangguan Makan Nasional
  • Asosiasi Kecemasan dan Depresi Amerika
  • Pusat Nasional untuk PTSD

Jika pekerjaan Anda adalah sumber stres dan kecemasan, Anda mungkin menemukan terapis lokal melalui organisasi profesional.

Banyak dari organisasi dan serikat pekerja ini memiliki sumber daya untuk membantu Anda mengidentifikasi profesional yang dapat membantu kebutuhan kesehatan mental. Misalnya, Asosiasi Pemadam Kebakaran Internasional menawarkan bantuan untuk kesehatan mental, PTSD, dan penyalahgunaan zat.

6. Pikirkan tentang tujuan Anda sebelumnya

Apa yang ingin Anda capai dalam terapi? Studi telah menemukan bahwa ketika Anda dan terapis Anda bekerja sama menuju tujuan yang sama, pandangan Anda akan lebih baik.

Jika menurut Anda beberapa jenis obat dapat membantu mengatasi gejala Anda, Anda sebaiknya mencari psikiater atau praktisi yang dapat meresepkan obat.

Jika Anda pernah mendengar bahwa terapi perilaku kognitif atau terapi Desensitisasi dan Pemrosesan Ulang Gerakan Mata efektif untuk orang lain dengan kondisi Anda, Anda sebaiknya mencari terapis dengan sertifikasi atau pelatihan khusus dalam pendekatan perawatan tersebut.

Jika Anda ingin menjadi bagian dari jaringan orang-orang yang mendukung yang memahami pengalaman Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mencari terapis yang terlibat dengan kelompok pendukung atau sesi terapi kelompok.

Tujuan Anda mungkin berubah saat Anda bekerja dengan terapis. Tidak apa-apa untuk berbicara dengan terapis Anda tentang mengubah arah rencana perawatan Anda saat kebutuhan Anda berkembang.

7. Coba aplikasi terapi online

Talkspace dan Betterhelp keduanya menawarkan alat untuk membantu Anda menjelajahi jenis terapi yang Anda inginkan. Mereka juga dapat mencocokkan Anda dengan terapis berlisensi dan terakreditasi yang dapat Anda ajak bekerja sama secara online atau melalui telepon.

Beberapa orang menganggap platform terapi digital lebih nyaman dan lebih terjangkau daripada terapi langsung. Sesi mingguan berkisar dari $35 hingga $80 untuk terapi online.

Setidaknya satu studi menemukan bahwa orang dengan depresi merasa gejala mereka membaik setelah sesi online. Namun, perlu dicatat bahwa dua peneliti yang terlibat dalam penelitian ini adalah konsultan atau karyawan dari penyedia terapi digital yang digunakan.

8. Ajukan pertanyaan tentang hal-hal yang penting bagi Anda

Ketika Anda bertemu terapis Anda, baik secara online, di telepon, atau secara langsung, tidak jarang Anda benar-benar melupakan setiap pertanyaan yang ingin Anda tanyakan.

Untuk memastikan Anda memiliki informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan yang baik, simpan kertas dan pena, atau aplikasi catatan, berguna selama beberapa hari sebelum rapat Anda. Catat pertanyaan saat pertanyaan itu datang kepada Anda.

American Psychological Association menyarankan beberapa pertanyaan untuk Anda pertimbangkan untuk ditanyakan kepada terapis Anda selama sesi pertama Anda:

  • Apakah Anda seorang psikolog berlisensi di negara bagian ini?
  • Sudah berapa tahun Anda berlatih?
  • Berapa banyak pengalaman yang Anda miliki bekerja dengan orang-orang yang berurusan dengan [masalah yang ingin Anda selesaikan]?
  • Apa yang Anda anggap sebagai spesialisasi atau bidang keahlian Anda?
  • Jenis perawatan apa yang menurut Anda efektif dalam menyelesaikan [masalah yang ingin Anda selesaikan]?
  • Asuransi apa yang Anda terima?
  • Apakah saya perlu membayar Anda secara langsung dan kemudian meminta penggantian dari perusahaan asuransi saya, atau apakah Anda menagih perusahaan asuransi?
  • Apakah Anda bagian dari jaringan asuransi saya?
  • Apakah Anda menerima Medicare atau Medicaid?

Asosiasi Kecemasan dan Depresi Amerika menambahkan pertanyaan seperti ini:

  • Jika saya memerlukan obat, dapatkah Anda meresepkannya atau merekomendasikan seseorang yang membutuhkannya?
  • Apakah Anda menyediakan akses ke layanan telehealth?
  • Seberapa cepat saya bisa berharap untuk mulai merasa lebih baik?
  • Apa yang kita lakukan jika rencana perawatan kita tidak berhasil?

Catatan: Jika Anda pernah dilecehkan oleh seseorang yang berwenang atau terpengaruh oleh trauma historis atau rasisme, Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan yang membantu Anda mengetahui apakah seorang terapis potensial mengetahui informasi budaya dan peka terhadap pengalaman Anda.

9. Perhatikan baik-baik tanggapan Anda sendiri

Tidak peduli berapa banyak akreditasi profesional yang dimiliki terapis Anda, perasaan percaya dan kenyamanan Anda sendiri harus menjadi prioritas utama Anda. Apakah terapi akan menjadi tidak nyaman dari waktu ke waktu? Mungkin. Lagi pula, Anda mungkin akan mendiskusikan topik pribadi yang sulit.

Tetapi jika Anda merasa tidak nyaman dengan terapis Anda karena alasan lain, tidak apa-apa untuk mencari orang lain. Anda tidak perlu alasan untuk berganti terapis. Sudah cukup bahwa Anda tidak merasa nyaman.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda berbicara dengan terapis Anda:

  • Apakah terapis menyela Anda, atau apakah mereka mendengarkan dengan seksama apa yang Anda katakan?
  • Bagaimana perasaan tubuh Anda selama sesi terapi? Apakah Anda merasa tegang?
  • Apakah terapis menghargai waktu Anda dengan meminta janji?
  • Apakah terapis menepis atau membatalkan kekhawatiran Anda?
  • Apakah Anda merasa dilihat, didengar, dan dihormati selama sesi Anda?

Garis Bawah

Apakah Anda sedang mengatasi kesedihan, trauma, atau masalah hubungan, atau menginginkan perawatan untuk penyakit mental, menemukan terapis yang membantu dapat membuat perbedaan besar dalam perjalanan Anda.

Untuk menemukan terapis yang cocok, mulailah dengan mempertimbangkan hal-hal praktis seperti lisensi, cakupan asuransi, lokasi, dan spesialisasi.

Anda mungkin menemukan bahwa teman, kolega, dan penyedia layanan kesehatan Anda adalah sumber rujukan yang baik. Anda juga dapat menemukan opsi dengan menggunakan alat pencarian yang disediakan oleh organisasi yang menangani masalah khusus Anda.

Ketika Anda telah mempersempit pilihan Anda, Anda mungkin merasa terbantu untuk memikirkan tujuan dan pertanyaan Anda, sehingga Anda dapat yakin bahwa Anda dan terapis Anda cocok dan selaras dengan rencana perawatan Anda.

Pada akhirnya, menemukan terapis yang tepat adalah masalah pribadi. Hubungan manusia adalah inti dari terapi yang efektif, dan Anda dapat membangun rasa hubungan itu baik Anda bertemu terapis secara langsung, melalui telepon, atau online.