8 Manfaat Menari Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

199
8 Manfaat Menari
8 Manfaat Menari

Ada sesuatu tentang grooving dengan suara musik yang tampaknya menghilangkan semua perhatian kita. Mungkin ritme lagu favorit Anda atau latihan yang memompa jantung yang membuat Anda bangun dan turun dari sofa. Atau mungkin tantangan untuk menguasai gerakan yang lebih rumit yang memberi Anda begitu banyak kegembiraan.

Terlepas dari alasan Anda, satu hal yang pasti manfaat menari bagi kesehatan fisik, mental, dan emosional tidak ada habisnya.

Manfaat Menari

Baik Anda berusia 80 tahun atau 8 tahun, melakukan aktivitas fisik yang melibatkan tarian mengubah Anda. Dari kesehatan fisik dan mental yang lebih baik hingga peningkatan kesejahteraan emosional dan sosial, menggerakkan tubuh Anda ke suara musik dapat mengubah hidup Anda.

Dari segi Fisik

Menari adalah olahraga, sehingga manfaat fisik menari akan sama dengan aktivitas kardio lainnya.

1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular
Manfaat kesehatan yang memompa jantung dari tarian sesuai dengan pedoman aktivitas fisik Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan untuk orang dewasa. Ini menyatakan untuk manfaat kesehatan, orang dewasa harus melakukan:

Setidaknya 150 menit hingga 300 menit per minggu latihan intensitas sedang, atau 75 menit hingga 150 menit per minggu aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi Penari ballroom profesional dan pelatih pribadi bersertifikat Leon Turetsky mengatakan bahwa semua gaya tarian membuat latihan kardio yang hebat karena detak jantung Anda ditantang dari melakukan gerakan yang berbeda.

2. Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan
Penari profesional Jonathan Tylicki, direktur pendidikan untuk AKT, sebuah konsep kebugaran butik yang berakar pada tari, mengatakan salah satu alasan tarian adalah bentuk kebugaran fisik yang hebat karena menggabungkan gerakan di semua bidang gerak dan dari segala arah.

“Gerakan yang biasanya kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti berjalan, naik tangga, dan latihan umum seperti treadmill dan bersepeda, terjadi di bidang sagital, tetapi tarian melatih tubuh Anda dari semua bidang, termasuk lateral dan rotasi, yang menyala dan berputar. kondisikan semua otot, artinya tidak ada otot yang tertinggal,” ujarnya.

Jenis gerakan ini tidak hanya meningkatkan kekuatan, tetapi juga meningkatkan keseimbangan.

3. Lembut di tubuh Anda
Banyak bentuk tarian, seperti ballroom, cocok untuk orang dengan mobilitas terbatas atau masalah kesehatan kronis.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang intensitas kelas, bicarakan dengan dokter dan instruktur Anda sebelum memulai kelas. Mereka dapat membantu Anda dengan modifikasi apa pun, jika diperlukan.

Dari segi Mental

4. Meningkatkan kinerja kognitif
Jika Anda membutuhkan alasan untuk bergerak, pertimbangkan ini: Banyak penelitian menunjukkan bagaimana menari dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan kemampuan Anda untuk berpikir seiring bertambahnya usia.

Tapi bagaimana ini bisa terjadi? Nah, menurut beberapa penelitian, para ilmuwan telah menemukan bahwa area otak yang mengontrol memori dan keterampilan, seperti perencanaan dan pengorganisasian, meningkat dengan olahraga seperti menari.

Plus, tidak seperti bentuk latihan lainnya, tarian memiliki manfaat tambahan untuk meningkatkan keseimbangan melalui ritme dan musik.

5. Tantang otak Anda
Jika Anda pernah mencoba menari tap, maka Anda tahu persis apa yang kami maksud dengan menari menantang otak Anda.

Tylicki menunjukkan bahwa kekuatan otak yang Anda butuhkan untuk mengakses tarian, khususnya, mengharuskan Anda untuk fokus pada perubahan gerakan yang konstan dan mengingat gerakan dan pola.

Ini adalah bentuk latihan mental yang sangat baik untuk pikiran Anda, berapa pun usia Anda.

Segi Emosional

6. Termasuk
Salah satu hal terbesar tentang tari adalah bahwa siapa pun dapat berpartisipasi. Jika Anda bisa bergerak, meski hanya tubuh bagian atas, Anda bisa menari. Equalizer inilah yang membuat tarian begitu populer di kalangan orang-orang yang biasanya menghindari bentuk-bentuk latihan lainnya.

7. Bisa menjadi kegiatan sosial
Meskipun Anda mungkin lebih memilih untuk berhenti bergerak ketika tidak ada yang menonton, ada sesuatu yang luar biasa tentang berdansa dengan orang lain.

Baik Anda bergabung dengan ruang dansa atau kelas tari perut, berdansa dengan teman, atau berjabat tangan dengan anak-anak atau cucu-cucu Anda, berada di sekitar orang lain sambil menari baik untuk kesehatan sosial dan emosional Anda.

8. Membantu meningkatkan suasana hati Anda
“Gerakan dan tarian sangat ekspresif, yang memungkinkan Anda untuk melarikan diri dan melepaskan diri,” kata Tylicki. Ini “melepaskan” yang membantu meningkatkan kesehatan mental dan emosional Anda dengan mengurangi stres, mengurangi gejala kecemasan dan depresi, dan meningkatkan harga diri Anda.

Manfaat untuk anak-anak

Gerakan dan ritme datang secara alami pada anak-anak, dan ketika Anda melibatkan anak dalam kelas dansa reguler, manfaatnya semakin baik. Menari tidak hanya memungkinkan anak-anak mengeluarkan energi mereka, itu juga cara yang bagus (dan sering kali aman) bagi mereka untuk mengekspresikan diri.

Penari Broadway, koreografer, dan instruktur kebugaran tari Joseph Corella mengatakan sisi artistik tari memberi anak-anak kesempatan untuk belajar berbicara bahasa lain: bahasa gerakan. Pelatihan menari juga mengajarkan anak-anak bahwa kerja keras akan membuahkan hasil.

“Jika mereka terus berusaha di kelas, mereka akan benar-benar melihat hasilnya di cermin. Ini adalah cara nyata bagi anak-anak untuk melihat bahwa mengamati tindakan mereka dan mendengarkan bimbingan dari guru, dikombinasikan dengan kerja keras, mengarah pada hasil yang positif, ”kata Corella.

Turetsky menunjukkan bahwa menari juga membantu anak-anak belajar disiplin, karena mereka harus menghafal dan melakukan langkah-langkah dan gerakan tubuh tertentu yang membutuhkan latihan dan ketekunan.

Terakhir, Turetsky mengatakan, mereka belajar kerja tim dengan bekerja dengan penari lain menuju tujuan bersama, yang diterjemahkan ke banyak bidang berbeda dalam kehidupan.

Manfaat menurut jenis tarian

Semua gaya tarian, mulai dari balet tradisional dan Bollywood hingga funk, memiliki manfaat fisik, mental, dan emosional. Kunci bagaimana tarian akan menguntungkan Anda adalah menemukan gaya yang paling Anda sukai.

Berikut adalah beberapa jenis untuk Anda mulai:

Balet
Ini adalah bentuk tarian yang sangat anggun dan teknis, tetapi juga sempurna untuk segala usia. Secara universal diketahui bahwa balet adalah gaya dasar untuk semua tarian.

Turetsky mengatakan itu karena Anda mengembangkan pemahaman dasar tentang:

  • gerak kaki
  • keseimbangan
  • waktu
  • ternyata
  • fleksibilitas
  • kekuatan inti

Tari perut
Tari perut adalah gaya yang bagus untuk memulai, terutama jika Anda ingin belajar bagaimana mengekspresikan diri dengan menggunakan otot perut, inti, lengan, dan pinggul. Ini adalah gaya tarian yang sangat berirama dan menyenangkan. Ini lebih cocok untuk orang dewasa daripada anak-anak.

Hip-hop
Hip-hop adalah bentuk tarian yang sangat bebas dan mentah di mana Anda bisa mengekspresikan diri Anda ke musik dengan seluruh tubuh dan postur Anda. Gaya hip-hop sangat cocok untuk segala usia, dan sangat bagus untuk orang yang ingin menari mengikuti musik populer dan modern dengan banyak kepribadian dan gaya.

Mengetuk
Mempelajari keran seperti mengikuti kelas teori musik dengan tubuh Anda. Penari ketuk belajar cara mendengar berbagai lapisan musik, membagi ritme, dan membuat lapisan ritme tambahan yang saling melengkapi di atas musik. Mereka adalah instrumentalis sekaligus penari, bermain sebagai bagian dari bagian perkusi.

BACA JUGA: 9 Tips Menemukan Terapis Yang Tepat

Tips menari dengan baik

Berbicara tentang tips menari dengan baik, semua ahli sepakat bahwa yang terpenting adalah bersenang-senang. Selain itu, beberapa tips lainnya antara lain:

Lepaskan rasa tidak aman dan ketakutan
Langkah pertama untuk menari dengan baik adalah melepaskan rasa tidak aman dan ketakutan Anda. Ini benar terlepas dari level Anda.

“Menari baik di depan cermin, di kelas, atau di tengah lantai dansa di klub malam, mengharuskan Anda untuk membungkam suara dalam pikiran Anda yang mengatakan Anda tidak bisa melakukannya atau orang-orang menghakimi Anda.

Menari, katanya, mengharuskan Anda untuk memercayai diri sendiri, memercayai pelatihan Anda, dan memberi diri Anda izin untuk terbang.

Mulailah dengan fondasi yang kuat

Turetsky merekomendasikan agar setiap orang melakukan beberapa pelatihan balet, bahkan jika Anda ingin fokus pada gaya dansa yang berbeda.

Itu karena “balet akan mengajari Anda keselarasan tubuh yang tepat dan cara menggunakan inti Anda, sehingga apa pun gerakan yang Anda lakukan, Anda akan dapat menemukan keseimbangan Anda,” jelasnya.

Latihan di luar kelas

Meskipun mengambil kelas dansa sangat penting, di atas semua itu, Turetsky mengatakan Anda juga harus berlatih sendiri untuk memperkuat informasi dan memastikan tubuh Anda mengembangkan memori otot yang sesuai. Inilah saatnya memiliki cermin di rumah sangat berguna!

Kuasai ritme dan waktu sebelum menata gaya

Banyak orang langsung fokus pada bagian “penataan” yang menyenangkan, kata Turetsky. Tetapi jika Anda berada di kelas untuk mempelajari gaya tarian tertentu, Turetsky mengatakan Anda perlu menurunkan pengaturan waktu dan ritme dasar terlebih dahulu, dan baru kemudian menambahkan lengan, kepribadian, dan rasa Anda di atasnya.

Posisikan diri Anda dengan benar di kelas

Anda dapat melakukan ini dengan berdiri lebih dekat ke tengah kelas, bukan di sudut. Ini sangat membantu bagi pemula karena Anda dapat melihat instruktur dengan baik, dan instruktur dapat melihat Anda dan membantu memberikan koreksi apa pun kepada Anda,” jelas Tylicki.

Bagaimana cara memulai menari

Sementara menari semudah menyalakan beberapa lagu dan bergerak di sekitar ruang tamu Anda, ada beberapa cara yang lebih formal untuk mempelajari gaya tarian dan teknik tarian yang berbeda. Berikut adalah beberapa cara untuk memulai menari.

Pilih gaya tarian yang paling menarik minat Anda

Langkah pertama adalah memilih satu atau dua gaya yang paling ingin Anda pelajari. Kemudian, lakukan riset tentang gaya-gaya tersebut untuk menemukan cara terbaik untuk mempelajari metode dan tekniknya.

Ikuti kelas di studio tari

Jika Anda siap untuk instruksi formal, maka memulai di studio dansa adalah pilihan terbaik Anda. Sebagian besar studio memiliki kelas mulai dari intro hingga lanjutan.

Pilih gaya yang ingin Anda coba dan daftar untuk kelas intro atau pemula. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, bicarakan dengan pemilik studio atau instruktur kelas yang Anda minati.

Ikuti kelas di fasilitas kebugaran

Banyak pusat kebugaran dan studio kebugaran butik menawarkan kelas yang berhubungan dengan tari, seperti:

  • pilates
  • barre
  • Zumba
  • tarian kardio
  • hip hop

Kesimpulan

Manfaat tari mencakup semua bidang kesehatan, termasuk fisik, mental, dan emosional. Tidak hanya memberi Anda cara untuk mengekspresikan diri dan bersenang-senang, tetapi juga diperhitungkan dalam menit latihan kardiovaskular Anda selama seminggu. Jadi, ajak teman, bergabunglah dengan kelas pemula atau intro, dan mulailah bergerak!